Modul 1 - Belajar Pascal Pemula
Apa itu ?
Pascal merupakan suatu bahasa komputer tingkat tinggi yang dibuat sekitar tahun
1970 oleh Niklaus Wirth dan digunakan untuk pendidikan komputer. Nama Pascal
diambil dari seorang ahli matematika yang bernama Blaise Pascal yang menemukan
mesin hitung pertama. Bahasa Pascal dirancang untuk menyelesaikan masalah dari
berbagai kalangan pemakai, mulai dari para mahasiswa, pendidik, dan ilmuwan.
Salah satu kompiler pascal yang terkenal dan tercepat adalah Turbo PASCAL yang dibuat oleh perusahaan Borland (http://www.borland.com).
Adakah versi Turbo Pascal untuk pemrograman Visual ?
Pada trend pemrograman Visual, perusahaan Borland mengeluarkan Borland Delphi yang menggunakan dasar dialek Pascal pada lingkungan pemrograman Visual.
Apa artinya Pascal adalah bahasa pemrogram terstruktur ?
Pascal adalah suatu bahasa pemrograman terstruktur. Hal tersebut berarti semua
program yang anda buat harus terstruktur
dan
teratur, dalam hal ini ada pemakaian goto dan jump.
Bagaimana Struktur
program pascal yang paling sederhana ?
Struktur program pascal yang paling sederhana adalah :
uses ...;
var ...;
begin
.... {Your program is here}
end.
Dapatkah anda memberi contoh sebuah program pascal yang sederhana ?
uses crt;
begin
Clrscr;
Writeln('Saya sedang belajar Pascal !');
Writeln('Di PentaCOM');
end.
Bagaimana Struktur
program pascal yang kompleks ?
Adapun struktur dasar suatu program pascal adalah sebagai berikut :
program ... ; { Program heading }
uses ... ; { Uses clause }
label ... ; { Labels }
const ... ; { Constants
}
type ... ; { Types }
var ... ; { Variables
}
procedure
... ; { Procedures } function ... ; { Functions } begin
statement; { Statements }
...
end.
Program heading
Judul program dalam Turbo Pascal
bersifat optional dan tidak ada pengaruhnya dalam program. Jika ditulis akan memberikan nama program dan suatu daftar parameter
optional dimana program itu berkomunikasi.
Daftar itu terdiri dari sederetan
indentifier yang diakhiri dengan tanda kurung dan dipisahkan dengan tanda koma.
Contoh :
Program Perhitungan(Input,Output);
Uses Clause
Bagian uses clause digunakan untuk menentukan library yang dibutuhkan saat proses program. LIBRARY merupakan
file penyimpan subroutine yang secara berulang digunakan saat proses program. Library ini diistilahkan
sebagai unit dalam Turbo
PASCAL yang terdiri dari SYSTEM, OVERLAY, GRAPH, DOS, CRT yang ditempatkan dalam file TURBO.TPL.
Contoh :
Uses Crt; (*menggunakan Unit Crt *)
Perhatian :
Unit system merupakan unit yang secara otomatis akan disertakan dalam setiap
program,
unit inilah mengatur semua perintah dasar input dan output pada Pascal .
Sedangkan unit-unit lain hanya akan disertakan bila kita pilih pada bagian uses.
Declaration
Bagian ini meliputi deklarasi untuk label, const, type, var, procedure dan function.
Syarat terpenting dalam pembentukan suatu program adalah, bahwa setiap variabel, type non-standard,
label, procedure non-standard,
serta function non-standard yang
dipakai didalamnya harus nyatakan (deklarasi) terlebih dahulu pada bagian deklarasi.
Setiap deklarasi tersebut harus bersifat unik (tidak boleh serupa satu sama yang lain). Penulisan nama dalam deklarasi tersebut harus
memenuhi
syarat-syarat
sebagai
berikut :
- panjang nama maximum 63 character, diawali dengan alphabet
- tidak ada special character kecuali tanda garis bawah ("_")
- tidak boleh serupa dengan reserved word (kata tercadang)
- tidak boleh serupa dengan indentifier lainnya.
Variabel Declaration
Setiap variabel yang digunakan dalam program harus didefinisikan terlebih dahulu
sebelum digunakan. Cara penulisan ini adalah :
Var
<nama var>
: <type variable>;
Statement
Bagian ini merupakan inti dari program. Seluruh perintah dan urutannya serta proses Input/Output
dalam program perlu disusun secara teratur oleh penyusun program.
Segala yang ada pada bagian uses maupun deklarasi merupakan pendukung terhadap isi program.
Bagaimana membuat keterangan ?
Untuk membuat program anda menjadi mudah dibaca dan dimengerti,
maka perlu
diberi keterangan yang akan diabaikan
oleh kompiler. Untuk membuat keterangan gunakan tanda kurawal { ini adalah keterangan }, atau (* ini adalah keterangan *).
Type data apa saja yang disediakan Turbo Pascal ?
Adapun type variable yang disediakan pada TURBO PASCAL :
1.Ordinal types
Type data yang mempunyai urutan pasti, dan masih terbagi menjadi
- Integer
Type variable yang beguna untuk pengolahan data yang bulat, type ini masih terbagi
atas
berberapa menurut jangkauan data dan ukurannya :
Type
|
Jangkuan
|
Ukuran
|
Shortint
|
-128..127
|
8 bit
|
Integer
|
-32768..32767
|
16 bit
|
Longint
|
-2147483648..2147483647
|
32 bit
|
Byte
|
0..255
|
8 bit
|
Word
|
0..65535
|
16 bit
|
- Char
Type variabel yang berguna untuk pengolahan character ASCII, type character ini
penulisannya ditandai dengan dua buah petik tunggal seperti : 'A', '3','*',#7 untuk
menyatakan ' harus ditulis ''''
- Boolean
Type varibale yang berguna
untuk pengolahan
hal yang
hanya mempunyai dua ketentuan yaitu benar(TRUE) dan salah(FALSE) saja.
2.Real types
Type variable yang beguna untuk pengolahan data yang tidak bulat, untuk type real ini juga terbagi atas beberapa :
Type
|
Jangkauan
|
Ketelitian
|
Ukuran
|
Real
|
2.9e-39..1.7e38
|
11-12 digit
|
6 bit
|
Single
|
1.5e-45..3.4e38 ³ 7-8
|
7-8 digit
|
4 bit
|
Double
|
5.0e-324..1.7e308
|
15-16 digit
|
8 bit
|
Extended
|
3.4e-4932..1.1e4932
|
19-20 digit
|
10 bit
|
Comp
|
-9.2e18..9.2e18
|
19-20 digit
|
8 bit
|
Untuk pengolahan type variabel diatas di sediakan berbagai jenis operator antara lain
:
Operator
|
Integer Type
|
Real Type
|
+
|
Penjumlahan
|
Penjumlahan
|
-
|
Pengurangan
|
Pengurangan
|
*
|
Perkalian
|
Perkalian
|
/
|
Pembagian
|
Pembagian
|
DIV
|
Hasil bagi
|
|
MOD
|
Sisa Bagi
|
Operator
|
Integer Type
|
Boolean Type
|
NOT
|
Bitwise Negation
|
Logical Negation
|
AND
|
Bitwise AND
|
Logical AND
|
OR
|
Bitwise inclusive OR
|
Logical inclusive OR
|
XOR
|
Bitwise exclusive OR
|
Logical exclusive OR
|
SHL
|
Bitwise shift-left
|
|
SHR
|
Bitwise shift-right
|
Operator relasi yang mengembalikan hasil Boolean
Operator
|
Fungsi
|
:=
|
Menyatakan nilai
|
=
|
Sama dengan
|
<>
|
Tidak sama dengan
|
<
|
Lebih kecil
|
>
|
Lebih besar
|
<=
|
Lebih kecil atau sama dengan
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan
|
Bagaimana menampilkan tulisan ke layar ?
Pascal menyediakan perintah Write dan Writeln yang dapat anda gunakan untuk
menampilkan tulisan ke layar.
Dapatkah anda memberi
contoh
program yang menggunakan variabel ?
{Deklarasi variabel}
var
UmurKu : Byte;
Keterangan : String;
(*Program anda*)
begin
UmurKu:=19;
Keterangan:='Hi, saya sedang belajar Pascal di PentaCOM';
Writeln('Saya berumur ',UmurKu,'
tahun');
Writeln(Keterangan);
end.
Bagaimana kalau saya ingin membaca masukan dari pemakai ?
Perintah Readln dapat
digunakan untuk
membaca masukan
dari
pemakai
dan
menyimpannya ke suatu variabel.
var
UmurKu : Byte; Keterangan : String;
begin
Write('Berapa umur anda ? '); Readln(UmurKu); Write('Komentar anda: '); Readln(Keterangan); Writeln;
Writeln('Saya
berumur ',UmurKu,' tahun'); Writeln(Keterangan);
end.
Bagaimana membatasi pencetakan tempat desimal untuk data
Real type ?
Untuk menentukan jumlah tempat sebelum desimal dan sesudah
desimal anda dapat menggunakan :x:y setelah variabel yang akan dibatasi pencetakan nilainya, dimana x
adalah jumlah tempat sebelum desimal dan y adalah jumlah tempat setelah desimal.
Silahkan coba koding berikut :
var
Pi : Real;
Begin
Pi := 22/7;
Writeln('Bilangan Pi adalah ', Pi);
Writeln('Bilangan Pi adalah ', Pi:2:3);
end.
Lanjut Ke Modul 2
Comments
Post a Comment